Kereta Api antar Kota di Provinsi Jambi
Kereta Api
Kereta api merupakan transportasi
darat yang terdiri dari beberapa bagian seperti gerbong penumapang, gerbong
pengangkut, lokomotif, dan caboose yang digunakan sebagai alat transportasi jarak jauh untuk
mengangkut penumpang dari satu daerah ke daerah lainnya. Jumlah statsiun kereta
api di pulau Sumatra tidak sebanyak stasiun kereta api di pulau jawa hal ini karena di pualu jawa
terdapat kota-kota besar yang banyak penduduknya sehingga seabagi alternatif
lalu lintas kendaraan dibuatlah kereta api.
Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang denga
rute semarang – tanggung untuk melayani kebutuhan akan pengiriman
hasil bumi dari Indonesia. menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan
mengatakan, jalur kereta api (KA) Trans-Sumatera yang mengubungkan
wilayah Medan-Aceh-Riau sepanjang 1.574,5 kilometer dijadwalkan selesai dan dioperasikan
pada 2020 dan 2021 (sumber :TEMPO.CO,
Jakarta), Berdasarkan sumber tersabut kerata api hanya melintas antar
provinsi saja.
JAMBI merupakan sebuah provinsi di
indoneisa yang terdiri dari Sembilan kabupaten dan 2 kota. Luas Provinsi Jambi
53.435 km2 dengan jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2010 berjumlah
3.088.618 jiwa (Data BPS hasil sensus 2010) . Jumlah penduduk Provinsi Jambi pada
tahun 2006 berjumlah 2.683.289 jiwa. Provinsi jambi memiliki daerah yang
memiliki sarana transportasi yang baik, tapi tidak tersebar ke semua daerah
disekitarnya, butuh berjam-jam jika ingin pergi dari daerah satu ke daerah lainnya
contohnya dari kota jambi ke sarolangun dibutuhkan waktu selama kurang lebih 4
jam dengan kondisi jalan yang terkadang menghambat perjalanan. Contoh lainnya
yaitu dari kota jambi ke kerinci dibutuhkan waktu 10 jam agar sampai disana,
belum lagi lama waktu yang terjadi karena hambatan- hambatan yang terjadi, oleh
karena itu sarana tronsportasi darat seperti kereta api inilah yang cocok
digunakan sebgai alternative kendaraan yang dapat digunakan oleh masyrakat
jambi.
Konsep kereta api
Stasiun
kereta api
Stasiun kereta api
adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang yang menggunakan jasa transportasi
kereta api.
Menurut saya Stasiun kereta api utama sebaiknya dibuat di daerah kota jambi yang sebagai
tempat transit untuk ke daerah lain dengan tujuan akhir adalah kerinci, muaro
bungo dan Muarasabak. Untuk halte kereta api atau stasiun kerta api lainnya
dapat dibuat di beberapa daerah dengan rute utama Jambi-Muaro
Bulian-Sarolangun- Bangko- Sungai Penuh. Rute kedua Jambi-muaro
bulian-sarolabgun-bangko (tempat transit)-Muaro tebo-Muaro Bungo. Rute ketiga
Jambi-Sengeti-MuaraSabak.
Stasiun kereta api juga harus dibuat
semenarik mungkin agar penumpang kereta api dapat merasakan kenyamanan seperti
menyediakan fasilitas : ruang tunggu area no smoking (AC), warung makan, kamar
mandi, sarana menonton hiburan, dan keamanan. Satsiun kereta api harus memiliki
keamanan yang kuat karena para pelaku kriminalitas terkadang memanfaatkan
peluang yang ada untuk melakukan tindakan kriminal oleh karena itu keamanan
yang ketat sangat diperlukan. Petugas kebersihan juga diperlukan di stasiun
kereta api agar stasiun tetap terlihat bersih demi kesehatan para penumpang,
selain itu pikhak kerta api juga memberikan jaminan keselamatan buat para
penumpang jika terjadi hal yang tidak dinginkan (kecelakaan)
Stasiun kereta api utama harus dibuat sebagus mungkin dengan mencirikin dari kota jambi. Arsitektur Stasiun kereta api pada bagian pintu masuk akan dibuat Gebang yang bebentuk angsa dan tiang-tiang penyangganya dapat dihiasi dengan gambar bercirikhasan kota jambi. Akan lebih indah jika di stasiun ditanamkan rumput sepanjang jalan sehingga berbetuk padang rumput seperti di stasiun Britomart, selandia baru hal itu dibuat karena selain berfungsi sebagai stasiun kereta dapat juga berfungsi sebagai tempat wisata di derah jambi.
Kereta
api
Prinsip Rel Kereta Api
Kereta api berjalan dengan roda
besi, sehingga membutuhkan jalan khusus agar dapat berjalan dengan baik. Untuk
itulah dibuat jalan rel kereta api dengan permukaan baja, sehingga roda baja kereta api beradu
dengan jalan rel dari baja. Jalan baja ini memiliki karakteristik dan
syarat-syarat khusus yang berbeda dengan jalan aspal, sehingga konstruksinya
lebih rumit dan melibatkan banyak komponen. Jalan rel kereta api harus dibangun dengan
kokoh, karena setiap rangkaian kereta api yang lewat memiliki beban yang berat, apalagi
setiap harinya akan dilalui berulang kali oleh beberapa rangkaian kerea api. Oleh
karena itu, konstruksi rel kereta api dibuat sebaik mungkin agar mampu menahan beban
berat dari rangkaian kereta api yang berjalan
di atasnya, sehingga jalan baja ini dapat bertahan dalam waktu yang lama dan
memungkinkan rangkaian kereta dapat berjalan dengan cepat, aman dan nyaman.
Merujuk pada bagan di atas, pada
dasarnya konstruksi jalan rel kereta api terdiri atas 2 bagian. Bagian bawah adalah
Track Foundation atau Lapisan Landasan/Pondasi, dan bagian atas adalah Rail
Track Structure atau Struktur Trek Rel.Prinsipnya, jalan rel KA harus dapat
mentransfer tekanan yang diterimanya dengan baik yang berupa beban berat (axle
load) dari rangkaian kereta api melintas. Dalam arti, jalan rel kereta api harus tetap kokoh
ketika dilewati rangkaian kereta api, sehingga rangkaian kereta api dapat melintas dengan
cepat, aman, dan nyaman. Roda-roda kerena api yang melintas akan memberikan
tekanan berupa beban berat ke permukaan trek rel. Oleh batang rel
(rails) tekanan tersebut diteruskan ke bantalan (sleepers) yang ada dibawahnya.
Lalu, dari bantalan akan diteruskan ke lapisan ballast dan sub-ballast di
sekitarnya. Oleh lapisan ballast, tekanan dari bantalan ini akan disebar ke
seluruh permukaan tanah disekitarnya, untuk mencegah amblesnya trek rel. (
sumber : https://hendriyana90.wordpress.com/konstruksi-rel-kereta-api/)
Konstruksi Jalan Rel Kereta Api
Prinsipnya, lapisan landasan (track
foundation) ini dibuat untuk menjaga kestabilan trek rel saat rangkaian KA
lewat. Sehingga trek rel tetap berada pada tempatnya, tidak bergoyang-goyang,
tidak ambles ke dalam tanah, serta kuat menahan beban rangkaian kereta api yang lewat.
Selain itu, lapisan landasan juga berfungsi untuk mentransfer beban berat (axle
load) dari rangkaian kereta api untuk disebar ke permukaan bumi (pada gambar di atas
adalah Subsoil/Natural Ground).
Sebagaimana struktur pondasi pada
suatu bangunan, lapisan landasan juga tersusun atas lapisan-lapisan material
tanah dan bebatuan, diantaranya :
1.FORMATION
LAYER
Formation layer merupakan perkerjaan
pemadatan tanah sebagai pondasi trek rel kereta api. Formation layer ini dipersiapkan
sebagai tempat ditaburkannya lapisan ballast. Lapisan ini berupa campuran
tanah, pasir, dan lempung yang diatur tingkat kepadatan dan kelembapan airnya.
2. SUB-BALLAST DAN BALLAST
Lapisan ini disebut pula sebagai
Tack Bed, karena fungsinya sebagai tempat pembaringan trek rel KA. Lapisan
Ballast merupakan suatu lapisan berupa batu-batu berukuran kecil yang
ditaburkan di bawah trek rel, tepatnya di bawah, samping, dan sekitar bantalan
rel (sleepers).
Komponen Penyusun Rel Kereta Api
Setelah
lapisan landasan sebagai pondasi jalan rel KA selesai dibangun, tahap berikutnya
adalah membangun trek rel KA. Perlu diketahui bahwa pada setiap komponen
mempengaruhi kualitas rel KA itu sendiri. Berikut adalah komponen-komponenya :
Batanagn besi baja, Plat lands, Bantalan rel, Penambat rel, plat besi
penyambung, dan Rail Anchor.
( sumber : https://hendriyana90.wordpress.com/konstruksi-rel-kereta-api/)
Alasan Dibuat Kereta
Api
Alasan dibuatnya stasiun kereta api adalah sebagai tempat
pemberhentian kereta api. Alasan mengapa provinsi jambi butuh alat transportasi
darat seperti kereta api adalah karena butuh waktu yang lama agar bisa ke daerah
satu ke daerah lainnya contohnya Di jambi butuh sekitar 10 jam dari bandara
sultan thaha menuju kerinci, sarana pencahayaan jalan di jambi juga kurang
tersedia sehingga keselamatan para pengendara kurang terjamin, selain itu dapat juga mengurangi polusi udara akibat dari
gas yang keluar dari para pengguna kendaraan.. dibuatnya kereta apa juga dapat
meningkatkan ekonomi jas angkutan untuk pemerintah. Dengan berkurangnya kendaraan
bermotor dan mobil maka akan berkurang juga penggunaan Bahan Bakar Mensin (BBM),
subsidi BBM dapat dialihkan untuk meningkatan ke pengguna kereta api beserta
dengan fasilitasnya.
Alasan lainnya mengapa kereta api harus dibuat di provinsi Jambi adalah untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan sehingga pengangguran di provinsi jambi berkurang. kereta api juga dapat berfungsi sebagai sarana pariwasata dengan menunjukan keindahan dari alam sekitar karena di provinsi jambi populasi hutan alami masih banyak oleh karena itu masyarakat dapat mengerti bahwa keindahan alam di jambi tidak hanya dari kota saja tetapi daerah lainnya pun ada. Berikut adalah fungsi atau kegunaan dari kereta api.
Alasan lainnya mengapa kereta api harus dibuat di provinsi Jambi adalah untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan sehingga pengangguran di provinsi jambi berkurang. kereta api juga dapat berfungsi sebagai sarana pariwasata dengan menunjukan keindahan dari alam sekitar karena di provinsi jambi populasi hutan alami masih banyak oleh karena itu masyarakat dapat mengerti bahwa keindahan alam di jambi tidak hanya dari kota saja tetapi daerah lainnya pun ada. Berikut adalah fungsi atau kegunaan dari kereta api.
Fungsi atau kegunaan kereta api :
1.
Sebagai sarana alternative
tranportasi darat
2.
Meningatkatkan taraf hidup atau
pendapatan masyarakat jambi sebagai peluang lapangan kerja
3.
Menigkatkan infrastruktur, sarana
dan prasarana di provinsi Jambi
4.
Mengurangi kemacetan kepadatan lalu
lintas
5.
Sebagai alat yang digunakan untuk
mengantar barang seperti bahan alam
6.
Menunjang perkembangan pembangunan
di suatu daerah
7.
Menunjang perkembangan ekonomi jasa
angkutan
Dengan adanya kereta api memiliki dampak positif yang lebih
banyak buat masyarakat jambi, oleh karena transportasi massal ini sangat
diperlukan tidak hanya di provinsi jambi saja tetapi provinsi-provinsi lainya
di Sumatra juga memerlukan alat transportasi darat ini sebagai alternative dalam menghadapi kemaceta lalu lintas dan juga perkembangan
pembangunan di suatu daerah.
Toko Beyond-steel menyediakan aneka plate besi, baja rel kereta dan steel roundbar untuk industri, konstruksi dan rumah tangga.
BalasHapusHUBUNGI kami di WA: 0822 8888 3967