TEORI ANTRIAN
Konsep Teori Antrian
Antri
Sumber :
http://shiftindonesia.com/memahami-teori-antrian/
Studi Kasus
1. Single Channel – Single Phase.
Alamat : Stasiun Pancasila,
Waktu : 2 April 2018, 14:43 WIB
Model Struktur Antrian : Single Channel – Single phase
2. Single Channel – Multi Phase.
3. Multi Channel – Single Phase.
Alamat :Barbermor and Tattoo Shop,
Waktu : 2 April 2018, 15:54 WIB
Model Struktur Antrian : Multi channel – Single phase
4. Multi Channel – Multi Phase.
Arti sederhana dari menunggu. Kegiatan paling tidak menyenangkan bagi hampir semua orang di dunia. Konsep antri bukan hanya terjadi pada orang, namun juga pada barang (misalnya dalam hal proses produksi). Antrian berarti menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan dari suatu fasilitas yang terjadi karena kemampuan pelayanan yang tidak mampu mengimbangi kebutuhan pelayanan.
Antrian yang sangat panjang dan terlalu lama untuk memperoleh giliran pelayanan sangatlah menjengkelkan. Rata – rata lamanya waktu menunggu (waiting time) sangat tergantung kepada rata – rata tingkat kecepatan pelayanan (rate of services). Teori tentang antrian diketemukan dan dikembangkan oleh A. K. Erlang, seorang insinyur dari Denmark yang bekerja pada perusahaan telepon di Kopenhagen pada tahun 1910. Erlang melakukan eksperimen tentang fluktuasi permintaan fasilitas telepon yang berhubungan dengan automatic dialing equipment, yaitu peralatan penyambungan telepon secara otomatis.
Kompenen Sistem Antrian
Ada tiga komponen dalam sistem antrian, yaitu:
1. Kedatangan
Komponen ini sering disebut juga dengan proses input. Proses
input meliputi calling population atau sumber kedatangan, dan terjadinya
merupakan suatu variabel yang bersifat acak.
2. Pelayan
Mekanisme pelayanan atau pelayan dapat terdiri dari satu
atau lebih pelayan maupun fasilitas pelayanan yang diberikan. Biasanya,
fasilitas pelayanan tersebut disebut juga dengan saluran atau channel.
3. Antri
Faktor penting dari timbulnya antrian adalah sifat
kedatangan dan proses layanan. Jika tidak ada antrian yang timbul, maka dapat
dipastikan bahwa terdapat pelayanan yang menganggur atau fasilitas pelayanan
yang berlebih.
Struktur
Antrian
Dalam
seluruh sistem antrian, terdapat 4 model struktur dasar antrian. Keempat model
tersebut antara lain:
- Single Channel – Single Phase. Single Channel berarti satu saluran atau satu jalur, dan Single Phase berarti satu pelayanan. Maksudnya adalah hanya ada satu jalur yang memasuki sistem pelayanan atau hanya ada satu fasilitas pelayanan yang diberikan.
- Single Channel – Multi Phase. Sama seperti poin nomor satu, bedanya hanya jumlah pelayanan yang diberikan. Multi Phase berarti ada dua atau lebih pelayanan yang dilakukan secara berurutan.
- Multi Channel – Single Phase. Sistem ini terjadi dimana saja dan kapan saja dimana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh aliran tunggal.Multi Channel – Multi Phase. Sistem ini berarti ada beberapa fasilitas pelayanan dalam banyak jalur atau melalui beberapa tahapan. Setiap sistem-sistem ini memiliki beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapannya.
- Multi Channel – Multi Phase. Sistem ini berarti ada beberapa fasilitas pelayanan dalam banyak jalur atau melalui beberapa tahapan. Setiap sistem-sistem ini memiliki beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapannya.
Manfaat
Antrian
Secara
umum, antri memiliki manfaat bagi konsumen maupun bagi pemberi layanan. Manfaat
tersebut diantaranya:
- Antrian membuat konsumen tidak perlu berbaris menunggu untuk dilayani, dan memberikan kepuasan serta kenyamanan kepada konsumen.
- Antrian secara langsung bermanfaat untuk meningkatkan bonafilitas perusahaan sekaligus menunjukkan keseriusan juga profesionalitas dalam menangani konsumen.
- Antrian dapat menjadikan kinerja karyawan lebih efisien di bidangnya masing-masing
Sumber :
http://shiftindonesia.com/memahami-teori-antrian/
Studi Kasus
1. Single Channel – Single Phase.
Alamat : Stasiun Pancasila,
Waktu : 2 April 2018, 14:43 WIB
Model Struktur Antrian : Single Channel – Single phase
Gambar
diatas menunjukkan bagian dari model struktur antrian single channel single
phase. Terlihat bahwa pada gambar tersebut yang berlokasi di stasiun pancasila terdapat hanya ada satu jalur antirian di
loket pertama yang dinamakan single channel sedangkan single phase menunjukkan
bahwa setiap jalur antrian hanya memberikan satu fasilitas pelayanan saja.
Berikut proses alurnya :
2. Single Channel – Multi Phase.
Alamat :
Bioskop XXI Jl.
Margonda Raya No.358, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Waktu : Senin, 9 April 2018 18:42 WIB
Model Struktur Antrian : Single Channel – Multi Phase
Gambar diatas menunjukkan
bagian dari model struktur antrian single channel multi phase. Terlihat bahwa
beberapa orang sedang mengantri untuk melakukan transaksi pembelian tiket
nonton hal tersebut merupakan jenis pelayanan pertama. Setelah pembelian tiket
lanjut kepada pemeriksaan tiket yang berada di depan pintu theater bioskop hal
tersebut merupakan bagian dari jenis pelayanan ke dua sehingga digolongkan
kedalam single channel multi phase yaitu sistem antrian jalur tunggal dengan
tahapan berganda. Berikut adalah gambar alurnya:
3. Multi Channel – Single Phase.
Alamat :Barbermor and Tattoo Shop,
Waktu : 2 April 2018, 15:54 WIB
Model Struktur Antrian : Multi channel – Single phase
Gambar diatas menujukkan
model struktur antrian multi channel single phase. Hal tersebut karena tempat
yang berlokasi di depok margonda tersebut menyediakan 2 jenis pelayanan yang
pertama pelayanan barber dan kedua tattoo shop. Gambar pertama merupakan tempat
sebagai jalur antrian yang akan menuju ke pelayanan cukur rambut dan tempat
tattoo, hal tersebut merupakan gambaran dari teori ini yaitu terdapat dua atau
lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh antrian tunggal. Berikut gambaran
alurnya:
Alamat : Rumah Sakit Bundo,
Waktu : 12 April 2018, 15:55
Model Struktur Antrian : Multi channel multi phase
Model
struktur antrian multi channel multi phase adalah struktur antrian dimana ada beberapa fasilitas
pelayanan dalam banyak jalur atau melalui beberapa tahapan. Setiap
sistem-sistem ini memiliki beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahapannya
salah satu contohnya adalah pelayanan di rumah sakit bundo yang menyajikan
berbagai fasilitas pelayanan diantaranya pelayanan farmasi, client service,
pelayanan pendaftaran yang mana memiliki banyak jalur untuk melewati beberapa
tahap. berikut tahapannya :
Komentar
Posting Komentar